top of page
  • EMS Paramitra

Hambatan Proses Konsolidasi Keuangan

Updated: Sep 1, 2022


Semakin maraknya peristiwa penggabungan usaha oleh perusahaan dengan tujuan untuk memperbesar modal, persaingan bisnis, memiliki jaringan internasional, serta memperluas dan mempertahankan bisnisnya. Pencatatan keuangan perusahaan yang telah berkonsolidasi menjadi lebih rumit dibandingkan dengan perusahaan yang berdiri sendiri. Dalam pencatatan keuangan konsolidasi, dikenal entitas induk (yang mengendalikan) dan entitas anak (yang dikendalikan). Hasil pembahasan dijelaskan bahwa laporan keuangan konsolidasi adalah lampiran keuangan suatu kelompok usaha yang disajikan sebagai suatu entitas ekonomi tunggal. Laporan keuangan konsolidasi wajib disusun oleh entitas induk atau pengendali tertinggi dalam suatu kelompok usaha.


Menurut Ventana Research, bisnis saat ini membutuhkan waktu lebih lama untuk ditutup daripada lima tahun lalu. Tekanan dari dalam dan luar organisasi mencegah mereka mencapai penutupan keuangan yang efisien.

Hambatan untuk proses konsolidasi keuangan yang cepat dan efektif diakibatkan dari beberapa faktor, diantaranya :


1. Tuntutan Eksternal untuk proses konsolidasi keuangan yang lebih cepat.

Perusahaan menghadapi peraturan yang lebih ketat mengenai tenggat waktu pengajuan, integritas dan pengungkapan bisnis dari pasar keuangan global.

Pelanggan, mitra, karyawan, dan komunitas menuntut lebih banyak transparansi tentang cara kerja internal perusahaan dan bagaimana perusahaan memengaruhi lingkungan tempat mereka beroperasi.


2. Masalah internal

Masalah internal sering menjadi hambatan dalam proses membuat laporan konsolidasi secara cepat, efektif, efisien dan bisa menghasilkan laporan yang sangat akurat.

Beberapa masalah yang paling menonjol adalah sebagai berikut:

  1. Kualitas Data dan Kesalahan Pengumpulan

  2. Rekonsiliasi Antar Perusahaan

  3. Kinerja Aplikasi Konsolidasi yang Lemah

  4. Kurangnya Otomatisasi

  5. Jalur Audit yang Tidak Efisien

  6. Tidak adanya dukungan perubahan dari manajemen

Semua masalah di atas dapat diselesaikan dengan perangkat lunak manajemen keuangan yang tepat. Solusi ini menyimpan semua informasi dalam satu repositori tunggal dan memungkinkan proses konsolidasi dan pelaporan terjadi secara real-time, menghilangkan waktu tunggu yang lama untuk mengirim data bolak-balik.

MYCO Budget Planning & Financial Consolidation Application.



137 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page