• EMS Paramitra

Perbedaan ERP dan Accounting Software

Updated: Sep 1

Apakah tim Anda membutuhkan accounting software atau ERP? Mari kita pelajari perbedaannya dibawah ini.

Memenuhi Kebutuhan Tim Accounting

Tim accounting adalah aspek penting di dalam perusahaan. Bertugas untuk mengelola keuangan yang sehat dalam ekonomi digital saat ini, tim accounting perusahaan menikmati penggunaan alat berteknologi tinggi untuk bekerja. Namun tidak selamanya seperti itu.

Sebelum munculnya accounting software, perusahaan menggunakan jasa pembukuan manual. Menurut Investopedia, “Pembukuan kemungkinan besar muncul saat masyarakat masih menggunakan sistem barter untuk berdagang (sebelum tahun 2000 SM) sebelum pembayaran tunai dan perdagangan.” Dengan menggunakan pena dan kertas (atau pena bulu dan perkamen), mereka mencatat debit dan kredit, pertama melalui single entry system, kemudian melalui double entry system dalam jurnal transaksi.

Teknologi dalam bentuk accounting software menggantikan proses manual ini dan melupakan sebagian besar sejarah penggunaan kertas dalam pembukuan. Sekarang, bisnis single atau multi-entity menggunakan software untuk mengotomatisasi tugas-tugas mereka. Kelebihannya adalah peningkatan efisiensi dalam mengumpulkan, mengatur, dan menganalisis data keuangan dengan pertumbuhan bisnis. Namun, karena teknologi terus berkembang, ada peningkatan lebih lanjut pada accounting software dalam bentuk accounting ERP (atau accounting software dalam solusi cloud ERP).

Jika Anda bertanya-tanya apa perbedaan ERP dan accounting software dan apakah Anda perlu memikirkan kembali strategi accounting Anda, maka mengetahui manfaat dari ERP dan accounting software dapat membantu Anda menentukan langkah selanjutnya.



Manfaat dari Accounting Software

Accounting software adalah aplikasi yang dapat membantu para pebisnis untuk mengelola transaksi keuangan dari Account Receivable/Piutang (AR), Account Payable/Utang (AP) dan bank management hingga pelacakan revenue dan laporan keuangan. Ini adalah solusi yang berdiri sendiri dengan fungsi yang spesifik dan melakukan tugasnya dengan baik.

Accounting software:

  1. Menghilangkan penginputan data secara manual

  2. Meningkatkan akurasi data

  3. Menyediakan laporan keuangan built-in

  4. Mempermudah persyaratan payroll dan tax filling

  5. Mengurangi costs karyawan

  6. Memusatkan data accounting untuk kemudahan akses

Memang banyak manfaatnya, tetapi intinya adalah bahwa accounting software mengotomatiskan dan menyederhanakan proses akuntansi dan keuangan Anda. Dengan manfaat luar biasa seperti itu, Anda mungkin bertanya-tanya, “Apa perbedaan antara ERP dan accounting software?”



Kapan Mempertimbangkan untuk Pindah ke ERP Software

Solusi ERP adalah alat manajemen bisnis end-to-end yang menghubungkan beberapa departemen dan aplikasi. Informasi dari keuangan, penjualan, pemasaran, operasional, dan aplikasi pihak ketiga manapun digabungkan ke dalam ERP software, sehingga memudahkan untuk mengakses data seluruh bisnis secara real-time. Hasilnya adalah tampilan bisnis 360-degree-view dan akses real-time ke data yang disinkronkan.

Within the ERP solution is the basic accounting functionality provided by accounting software, but the ERP takes that functionality a step further. For example, if your business is in the manufacturing, distribution, or commerce industries, then you’re dealing with supply chain logistics, inventory tracking, warehouse management, and more. The ERP solution will help you manage those evolving needs with advanced financial management capabilities (e.g., using accounting data for planning, investing, and compliance processes) as well as with industry-specific modules. Your basic accounting software will not.

Di dalam solusi ERP terdapat funsi akuntansi dasar yang disediakan oleh accounting software, tetapi ERP membawa fungsi itu selangkah lebih maju. Misalnya, jika bisnis Anda berada di industri manufaktur, distribusi, atau perdagangan, maka Anda berurusan dengan supply chain logistic, inventory tracking, warehouse management, dan lainnya. Solusi ERP akan membantu Anda mengelola kebutuhan yang berkembang tersebut dengan kemampuan advanced financial management (misalnya, menggunakan data akuntansi untuk proses perencanaan, investasi, dan compliance) serta dengan industry-specific modules, sedangankan accounting software Anda dapat melakukan fungsi-fungsi tersebut.

Contohnya adalah QuickBooks, tidak seperti fungsi-fungsi yang terdapat di dalam solusi ERP, QuickBooks adalah entry-level accounting software yang tidak menyediakan komunikasi otomatis dengan customer, tidak menawarkan reporting (dan dashboards) yang canggih, juga tidak sesuai untuk digunakan oleh perusahaan yang sedang berkembang. QuickBooks hanya dapat digunakan oleh start-ups dan smaller businesses, sampai mereka siap untuk membawa kesuksesan mereka to the next level.



Software ERP apa yang Terbaik

Sudah jelas perbedaan antara ERP dan accounting software. Sekarang waktunya Anda dan tim accounting untuk menentukan apakah ini waktunya untuk upgrade ke software yang lebih comprehensive atau tetap menggunakan accounting software yang terbatas fungsinya.

Jika Anda setuju bahwa accounting ERP akan menguntungkan bisnis Anda, maka langkah selanjutnya adalah menemukan solusi yang terbaik untuk Anda dan kebutuhan Anda. Ada banyak solusi ERP untuk dipilih, dan Anda ingin melakukan penelitian dan evaluasi ERP secara menyeluruh, menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti:

§ Apakah ERP software ini menyediakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda?

§ Apakah ERP software ini dapat menyesuaikan dengan bisnis Anda?

§ Apakah dapat diintegrasikan dengan aplikasi third-party?

§ Apakah CRM juga dibangun didalam solusi ini?

§ Apakah ERP software ini menyediakan fungsi reporting dan analytics yang dapat digunakan untuk saat ini dan di masa depan?

Anda juga pastinya ingin mengetahui bagaimana solusi ERP diterapkan. Apakah solusi ERP yang Anda pertimbangkan memiliki pilihan dalam hosting, seperti pendekatan berbasis cloud, on-premise, atau hybrid? Solusi on-premise memerlukan investasi dalam hardware, yang kemudian dipasang di gedung Anda. Staf IT Anda akan bertanggung jawab atas updates, upgrades, dan security. Solusi berbasis cloud tidak memerlukan hardware dan menempatkan tanggung jawab pengelolaan hardware (dan semua yang diperlukan) di tangan vendor ERP. Sedangkan opsi hybrid memberi Anda solusi cloud di private environment.

Evaluasilah opsi accounting ERP dengan hati-hati sebelum memilih yang tepat akan sangat membantu dalam memastikan kesuksesan implementasi ERP.


Bagaimana Acumatica Dapat Membantu Anda

Meskipun menentukan ERP software terbaik untuk Anda bisa menjadi tugas yang menyulitkan namun berharga untuk perusahaan Anda. EMS sebagai partner Acumatica di Indonesia menawarkan solusi ERP dengan versatile platform, yang dirancang untuk memberikan solusi yang hemat biaya, fleksibel, dan efisien untuk bisnis yang sedang berkembang, untuk mendukung infrastruktur IT dan aplikasi bisnis Anda, tanpa perlu investasi modal yang signifikan dan penambahan staf.

Solusi Acumatica ERP yang kami tawarkan adalah:

  1. Construction Edition

  2. Distribution Edition

  3. Manufacturing Edition

  4. Retail-Commerce Edition

  5. Professional Services Edition

  6. Other industries


Anda dapat menggunakan solusi cloud ERP Acumatica yang komprehensif untuk mengelola kebutuhan akuntansi dan keuangan Anda, dan juga mendapatkan manfaat dari additional industry-specific modules dan memiliki akses kapan pun Anda butuhkan, dari mana pun Anda berada. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Acumatica, Anda dapat menghubungi tim kami.


#emsparamitra #projectteam #ems #adirajaintegrasi #rajawaliadikarya #acumatica #erp #budgeting #implementasi #system #traning #optimizing #project #financial #consultant #supplychain #manufacturing #mining #transportation #distributor #technology #ellipse #fico #myco #budgeting #pemula #maintenance #mobileapp #CRM #compliance #dailyfieldreports

22 views0 comments