• EMS Paramitra

Bagaimana Integrasi ERP dan CRM dapat meningkatkan Bisnis Anda

Updated: Sep 1


Seperti dua sisi mata uang, ERP dan CRM berfungsi secara bersamaan supaya bisnis Anda berjalan dengan lancar. Meskipun mereka memiliki banyak kesamaan sehingga sering digunakan secara bergantian, masing-masing mempunyai peran penting tersendiri untuk bisnis Anda. Singkatnya, ERP berkaitan dengan fungsi bisnis internal, sedangkan CRM menangani hubungan ke eksternal dan mengelola data pelanggan. Namun, ketika dipasangkan bersama, integrasi ERP dan CRM berfungsi lebih baik daripada dijalankan sendiri-sendiri.

Apa itu software ERP?

Software Enterprise Resource Planning (ERP) berfungsi mengelola bisnis internal dan memastikan workflow berjalan efisien. Teknologi ini merampingkan fungsi bisnis essential seperti SDM, Accounting, dan Supply Chain Management. Software ERP mengumpulkan dan menyatukan data dari berbagai departemen dalam singular interface.


Apa itu software CRM?

Software Customer Relationship Management (CRM) berfungsi mengelola interaksi bisnis dengan customer existing dan potential. Fungsi ini relevan untuk marketing, sales dan customer service. Sofware CRM menyimpan informasi seperti leads, transaksi customer, produk, account number, informasi team purchasing dan lainnya.



Bagaimana ERP dan CRM bekerja bersama?

Software ERP dan CRM cenderung bekerja dengan data yang saling terkait. Akibatnya, banyak vendor seperti Acumatica, Microsoft Dynamics, Netsuite ERP, dan SYSPRO mengkonsolidasikan ERP dan CRM menjadi satu portal yang komprehensif. Dalam perangkat lunak ERP, CRM terkadang ditawarkan sebagai add-on dengan biaya tambahan.



Software ERP dan CRM

Bagaimana ERP dan CRM bekerja sama paling baik direpresentasikan melalui contoh bisnis manufaktur. Ketika data ERP dan CRM terintegrasi, perangkat lunak ERP dapat melakukan fungsi-fungsi berikut dengan lebih berhasil untuk memastikan pemenuhan pesanan secara tepat waktu:

  • Mengamankan stok material secara komprehensif dengan Material Requirement Planning (MRP)

  • Menjadwalkan karyawan yang cukup untuk bekerja di setiap shift

  • Menjadwalkan maintenance mesin secara rutin

  • Pengadaan transportasi untuk mengirimkan produk ke pelanggan

Ketika pelanggan menerima pesanan mereka, feedback apa pun yang diterima tim sales tentang produk (kualitas, pengiriman, atau masalah mekanis atau teknis) ditransfer dari CRM ke platform ERP. Dengan informasi ini, manajer pabrik mendapat informasi yang lebih baik tentang kinerja lokasi manufaktur dalam supply chain management, data karyawan, atau manajemen produk.


Bergantung pada feedback pelanggan yang diterima melalui platform CRM, manajer pabrik dapat melihat data supply chain di sistem ERP dan menghubungkan kualitas produk yang buruk dengan vendor tertentu dan setelahnya dapat memutuskan untuk beralih vendor.

Jika masalahnya adalah pengiriman produk yang terlambat, manajer pabrik mungkin menemukan dalam data karyawan di sistem ERP bahwa terlalu sedikit pekerja yang dijadwalkan selama shift kedua dan menyesuaikan perencanaan shift yang sesuai atau mempekerjakan lebih banyak pekerja.


Jika keluhan pelanggan menandakan masalah mekanis, informasi tersebut harus melalui penelitian dan pengembangan dan/atau data tim R&D di ERP sehingga mereka dapat mengerjakan desain yang lebih baik.


Benefit dariintegrasi ERP and CRM

Software ERP dan CRM membuat kemitraan yang kuat dan dapat membantu bisnis Anda mencapai tujuannya. Memasangkan ERP dan CRM pastinya menguntungkan company culture, manajemen, SDM, dan tim R&D melalui komunikasi, perencanaan, dan informasi produk.


Communication

Organisasi dapat bekerja baik ketika proses informasi dipecah. Data pelanggan di platform CRM adalah tambang emas informasi yang menginformasikan banyak terkait back-end bisnis.

Manfaatkan insight dari feedback pelanggan, pola pembelian, dan lainnya untuk mengukur seberapa baik kinerja perusahaan Anda di berbagai bidang seperti produksi, customer service, dan lainnya. Membuka data CRM ke seluruh organisasi mendorong transparansi dan memberdayakan kolaborasi antar departement untuk memecahkan masalah.


Planning

Integrasi ERP dan CRM membantu meningkatkan perencanaan bisnis. Berdasarkan data CRM, bisnis dapat mengantisipasi pasang surut produksi, kebutuhan pengiriman, dan SDM serta material yang dibutuhkan di seluruh supply chain dengan lebih baik.

Data CRM terkait dengan kesepakatan yang baru ditutup atau renewal service memicu serangkaian perencanaan upchain untuk pemenuhan pesanan.


Product/service quality

Mengintegrasikan solusi CRM dengan sistem ERP membantu bisnis Anda dan meningkatkan kualitas produk atau layanan, berdasarkan interaksi tenaga sales dengan klien.

Ketidakpuasan pelanggan adalah cerminan dari masalah produk atau layanan internal perusahaan yang perlu ditangani. Ketika data akuntansi menunjukkan pengembalian yang belum pernah terjadi sebelumnya atau ketika keluhan yang sama terdaftar di CRM, sistem ERP yang baik akan mengingatkan manajemen dan menunjukkan masalah internal yang lebih besar. Mengatasi masalah produk atau service secara efektif akan mencerminkan data happy customers di CRM.


ERP & CRM: Better together

Feedback pelanggan adalah sumber informasi utama tentang bagaimana kinerja perusahaan Anda dan bagaimana meningkatkan kinerja menjadi lebih baik. Dengan demikian, ERP dan CRM harus saling menginformasikan satu sama lain dalam feedback loop. Ketika Anda mengetahui apa yang terjadi dengan pelanggan Anda (apa yang mereka beli, berapa jumlahnya, bagaimana mereka menyukai produk tersebut, dan ukuran lainnya), Anda harus memanfaatkan data tersebut untuk menginformasikan fungsi back-end perusahaan.


Ketika solusi ERP dan CRM Anda terintegrasi, Anda dapat menggunakan data yang disederhanakan untuk meningkatkan kinerja bisnis Anda dan mendorong loyalitas pelanggan.

Fitur – fitur CRM dari Software Acumatica Cloud ERP:


1. Reporting and Dashboards

Akselerasi pengambilan keputusan dengan reporting yang memberikan tampilan khusus bisnis Anda secara keseluruhan ataupun per-departemen dan fungsi yang terfokus.


2. Sales Automation

Memberikan tampilan lengkap tentang peluang dan kontak untuk membuat tim Anda mengetahui semua pengalaman yang dapat memengaruhi keputusan penjualan. Tingkatkan efisiensi dengan lead assignment workflow dan proses manajemen penjualan.


3. Business Intelligence

Memberikan 360 degree view tentang aktivitas dan informasi pelanggan dengan kemampuan menelusuri, sehingga semua orang di organisasi Anda dapat melayani pelanggan dengan lebih baik.


4. Integrated Marketing

Mengelola leads, meningkatkan konversi, mengukur kinerja campaign, berkomunikasi dengan kontak, dan meningkatkan produktivitas. Tim marketing dapat menangkap leads dari web form, list pembelian, event, dan sumber lainnya, mengirim penawaran email, dan melacak leads yang memenuhi syarat.


5. Service and Support Automation

Mengurangi waktu respons dan support costs, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan meningkatkan akurasi penagihan. Buat kasus dari inquiry web form atau entri manual. Tetapkan kasus dan eskalasikan sesuai dengan kebijakan yang Anda tetapkan. Pastikan penagihan yang akurat melalui integrasi modul financial.


6. Customer Self-service Portal

Memberikan akses pelanggan 24/7 ke account information, support cases, dan latest update melalui portal layanan online.


7. Integrated Document Management

Mengelola pusat penyimpanan collateral pelanggan, template email, pricelist, template kontrak, gambar, video, dan dokumen lainnya.


8. Integrated Financials

Menghubungkan tingkat respons campaign dan kinerja sales dengan profitabilitas secara keseluruhan. Acumatica Customer Management terintegrasi dengan data penagihan dan financial.


9. Lead Management

Assign leads ke sales atau mitra sesuai dengan kriteria dan data yang ada.


10. Account and Contact Management

Menggunakan Artificial Intelligence dan Machine Learning untuk meng-capture kontak kartu nama menggunakan mobile image recognition. Mengubah leads menjadi akun bisnis dan kontak yang terkait dengan aktivitas, tugas, peluang, cases, dan dokumen.


11. Email Management

Menggunakan template email untuk mengirim email profesional ke leads dan pelanggan. Lampirkan incoming dan outgoing email secara otomatis ke tugas dan aktivitas CRM. Melacak dan mengukur efektivitas marketing email dengan integrasi SendGrid.


12. Data Management

Konfigurasi duplicate check rules untuk kontak dan leads. Memanfaatkan layanan alamat Google dan Bing untuk mencari alamat perusahaan dan leads.


13. Quick Access to Important Activities

Mencocokan aktivitas penting ke bagian atas daftar aktivitas sehingga user dapat mengakses dan melacaknya dengan cepat.


EMS sebagai partner Acumatica di Indonesia menawarkan solusi ERP dan CRM dengan versatile platform, yang dirancang untuk memberikan solusi yang hemat biaya, fleksibel, dan efisien untuk bisnis yang sedang berkembang, untuk mendukung infrastruktur IT dan aplikasi bisnis Anda, tanpa perlu investasi modal yang signifikan dan penambahan staf. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Acumatica, Anda dapat menghubungi tim kami.


#emsparamitra #projectteam #ems #adirajaintegrasi #rajawaliadikarya #acumatica #erp #budgeting #implementasi #system #traning #optimizing #project #financial #consultant #supplychain #manufacturing #mining #transportation #distributor #technology #ellipse #fico #myco #budgeting #pemula #maintenance #mobileapp #CRM #compliance #dailyfieldreports


12 views0 comments

Recent Posts

See All