top of page
  • EMS Paramitra

Mengapa Anda perlu mengintegrasikan e-Commerce dengan ERP?


Integrasi e-Commerce dan ERP biasanya diabaikan karena terkait biaya ataupun kendala teknis. e-Commerce yang saya maksud dalam tulisan ini adalah webstore seperti Magento, Shopify dan lain-lain. Kemudian, ERP mengacu pada sistem yang membantu Anda mengelola data bisnis atau operasi backoffice seperti Acumatica ERP.


Melakukan integrasi penjualan e-Commerce dengan Acumatica memungkinkan Anda dapat beroperasi secara lebih efisien. Anda dapat menggelola data pesanan, persediaan, item, pelanggan serta pengiriman / tracking.


Dengan menerapkan integrasi akan menghilangkan pekerjaan manual input data dari satu sistem ke sistem lain. Pekerjaan seperti input pesanan penjualan ke dalam ERP, update informasi produk dengan menggunakan Excel kemudian melakukan upload ke webstore dapat di-eliminasi. Semua pekerjaan tersebut dapat berjalan secara otomatis. Jika hal ini tidak diterapkan dapat menimbulkan kesalahan. Kesalahan yang sering terjadi adalah alamat yang salah, persediaan yang ternyata sudah habis, informasi produk yang tidak lengkap, tidak benar atau hilang.


Seluruh kesalahan tersebut akan menimbulkan ketidakpercayaan pelanggan terhadap webstore dan sangat mempengaruhi penjualan Anda. Kesuksesan bisnis e-Commerce adalah Anda dapat menjaga dan meningkatkan permintaan online. Bagaimana caranya? Anda perlu menerapkan integrasi e-Commerce dengan ERP.


Dengan Acumatica ERP integrasi dengan e-Commerce dapat dilakukan, sehingga memungkinkan Anda memiliki informasi produk yang akurat dan konsisten.

Acumatica memiliki service integrasi yang lengkap dan mudah.


Anda dapat melakukan integrasi dengan menggunakan:

  1. Integration Scenarios (Loader)

  2. Web Services API

  3. REST API

Saya akan memberikan beberapa contoh integrasi e-Commerce dengan Acumatica ERP, sebagai berikut:


Anda dapat mengintegrasikan katalog persediaan yang tersimpan pada ERP untuk dapat di akses oleh webstore Anda.


Anda dapat mengintegrasikan keranjang belanja.


Proses checkout order lengkap dengan proses shipping.


Anda dapat melakukan submit Order dan Sales Order dapat lansung diproses melalui integrasi.


Demikian, semoga tulisan ini dapat membantu Anda menemukan solusi yang Anda butuhkan. Cheers!



27 views0 comments
bottom of page