top of page
  • EMS Paramitra

Mengenal Software Konstruksi dan Manfaatnya

Updated: Mar 17, 2022

Software Konstruksi adalah kumpulan program, proses, dan informasi yang digunakan untuk melakukan berbagai tugas dalam membangun atau menyusun struktur atau infrastruktur sebagai sarana untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan daya saing. Tugas-tugas yang sebelumnya dikelola oleh manajer proyek, manajer konstruksi, insinyur desain, insinyur konstruksi, dan arsitek proyek dapat dilakukan oleh aplikasi Software Konstruksi.

Popularitas Software Konstruksi bervariasi berdasarkan sektor perusahaan. Kebutuhan akan aplikasi akan meningkat sesuai dengan ukuran perusahaan, semakin kompleks dan besar proyek yang dikelola maka kebutuhan akan Software Konstruksi akan meningkat.


Untuk perusahaan yang ingin memakai Software Konstruksi, penting untuk mempertimbangkan bagaimana perangkat lunak konstruksi tersebut berintegrasi dan berinteroperasi dengan database dan aplikasi software yang digunakan oleh perusahaan dan subkontraktornya.


Salah satu Software Konstruksi yang dapat digunakan oleh perusahaan adalah Acumatica. Acumatica adalah Software ERP berbasis web dan dibangun diatas platform xRP. Acumatica dapat di implementasikan secara on-premise ataupun dijalankan di cloud services. Solusi dari Acumatica terbagi untuk beberapa industri, yaitu:

  1. Konstruksi (Construction Edition)

  2. Distribusi (Distribution Edition)

  3. Manufaktur (Manufacturing Edition)

  4. Retail-commerce (Retail-Commerce Edition)

  5. Jasa (Services Edition)

  6. Industri lainnya (Other Industries)

Dalam artikel ini, kami akan membahas solusi Acumatica untuk konstruksi. Software Acumatica Construction Edition adalah solusi ERP yang dibangun untuk industi konstruksi yang kompleks dan terkoneksi saat ini.

Acumatica menyediakan solusi software akuntansi dan kontruksi berbasis cloud yang lengkap dan dapat digunakan melalui perangkat seluler/mobile. Software Acumatica Constuction Edition mencakup solusi keuangan yang kuat, job cost accounting, project management, inventory, order management, service management, CRM, mobile, dan lain-lain. Software ini dibangun berbasis cloud dan teknologi mobile terbaik didunia, software ini memberikan tampilan bisnis secara real-time dan dapat diakses oleh pengguna anytime dan anywhere.


Berikut adalah manfaat dari penggunaan Software Acumatica Construction Edition:

  • Keuangan dan pelaporan yang powerful

  • Akuntansi biaya pekerjaan yang komprehensif

  • Manajemen proyek yang efisien

  • Inventory, and Service Management yang terintegrasi

  • Aplikasi mobile yang memungkinkan pengguna bekerja dari mana saja, kapan saja

Fitur-fitur dari Acumatica Construction edition adalah:

1. Contracts

Menghubungkan detil kontrak dan pekerjaan dalam project plan termasuk perubahannya.

2. Budgets

Budget langsung terhubung dengan contracts, accounting dan project plan untuk pengelolaan costs, change orders, profit, overhead dan biaya secara real time.

3. Job Costing

Membukukan biaya labor, material dan equipment dari peralatan yang menyediakan update secara instant untuk menjaga project management dan accounting tetap sinkron.

4. Change Orders

Mengontrol perubahan dari budget proyek, nilai komitmen dan mengontrol profitabilitas dari setiap perubahan yang dilakukan oleh customer. Change orders merupakan dokumen untuk analisa profitabilitas dan juga audit untuk perubahan dari revenue budget, komitmen dan budget biaya.

5. Daily Field Reports

Field management yang efisien dan memastikan setiap pengguna melihat informasi yang sama, dari update subkontraktor, job site visitors, issue dan change tracking sampai update di lokasi kerja.

6. Project Billing

Mengkonfirmasi detil mengenerate proforma, progress, time & material invoices secara otomatis dari satu screen termasuk quick billing.

7. Joint Checks

Purchase Requisitions (PR), contract dan inventory control yang terintegrasi dengan subkontraktor untuk mempermudah project dan joint check management.

8. Compliance

Mengelola pembebasan dan pelapasan hak gadai, asuransi, sertifikat dan update status, menyediakan notifikasi kadaluarsa dan lainnya kepada staff dan supplier.

9. Retainage

Mengelola penyimpanan awal dan segala perubahannya untuk efisiensi penagihan dan pembayaran. Retainage tracking dibutuhkan untuk progress billing dan time & material billing, dan juga komitmen project cost dihitung sebagaimana berlaku dalam retainage di Purchase Order (PO).

10. Mobile App

Mencatat waktu, expenses, project issue, change request dan lainnya. Peningkatan produktivitas dapat membuat project berjalan lebih lancar.

Dengan solusi software konstruksi dari Acumatica Construction Edition dapat membantu bisnis para pengguna berkembang lebih cepat.


347 views0 comments
bottom of page