top of page
  • EMS Paramitra

Tren Modernisasi ERP untuk Mendorong Efisiensi dan Kesinambungan Perusahaan

Updated: Mar 21, 2022


Tingkatkan Pengetahuan Anda Mengenai Tren Teratas Dalam Pengembangan ERP Di Tahun 2022.

Sekarang ini ERP bukan lagi menjadi tren tetapi suatu keharusan bagi perusahaan dalam mengelola proses bisnis secara keseluruhan dan mendapatkan data yang terpercaya ketika menyesuaikan strategi bisnis perusahaan. Gartner memprediksi tren baru untuk pengembangan perangkat lunak ERP pada tahun 2022 yang akan dibahas dalam artikel ini.

ERP berfungsi membuat perusahaan menjadi data-driven, mendapatkan keuntungan tertinggi dari semua data perusahaan yang diterima. Berikut adalah tiga tren teratas yang tidak dapat dihindari untuk semua solusi existing dan new ERP untuk dipertimbangkan untuk berfungsi secara fungsional dan beroperasi untuk bisnis.


Intelligent ERP

Artificial Intelligence (AI) diprediksi menjadi tren nomor satu dalam pengembangan ERP menurut Gartner. Banyak bisnis berpikir untuk mengubah ERP mereka menjadi Intelligent ERP (iERP). Selain itu, solusi ERP diharapkan dapat didigitalkan dengan Machine Learning (ML) dan kecanggihan analitik data. Sebagian besar solusi ERP berfungsi untuk mengumpulkan data dari sumber internal dan eksternal tetapi tidak memberikan analitik data ini untuk menerima valuable insights tentang kinerja perusahaan. Inovasi seperti AI dan ML mampu mengubah pemrosesan data dan membuat data perusahaan lebih canggih.


Pengembangan Mobile ERP

Mobile ERP membuat sistem dapat diakses dari mana saja dan perangkat apa saja untuk mengelola data di mana pun saat ada kebutuhan. Mobile ERP menyediakan pengguna dengan data perusahaan secara real-time yang dapat diubah dari perangkat jarak jauh dan otomatis mengupdate data ke semua cabang perusahaan. Namun, sangat penting untuk mempertimbangkan langkah-langkah keamanan dalam pengembangan Mobile ERP untuk memastikan transmisi data yang aman.


Ketersediaan data secara Real Time


Ketersediaan data real-time tidak hanya mengingatkan semua departemen dalam perusahaan tentang perubahan terbaru, tetapi juga mampu memberikan valuable insights berdasarkan analisis data ini. Artinya, semua data yang diterima oleh perusahaan akan dikumpulkan, diproses dari mentah menjadi data yang berarti, dan menghasilkan laporan tentang efektivitas kinerja perusahaan dan membantu membuat keputusan yang tepat terkait dengan strategi bisnis saat ini.


Kesimpulan


Berdasarkan pengalaman EMS, pengembangan kustomisasi ERP adalah proses tanpa akhir yang memerlukan tinjauan fungsionalitas secara regular, investasi dan usaha. Sebelum menerapkan inovasi ke dalam aplikasi bisnis Anda yang sudah ada, Anda harus terlebih dahulu menganalisis software internal Anda saat ini, fungsi apa yang dijalankannya, dan proses internal apa yang belum tercakup dalam software manajemen bisnis Anda.

Salah satu solusi ERP yang ditawarkan oleh EMS adalah Acumatica.

Acumatica adalah innovator cloud ERP terdepan dengan customer di seluruh dunia.

Acumatica ERP menghadirkan teknologi cloud dan mobile yang dapat disesuaikan dengan model lisensi pengguna all-inclusive yang unik, memberikan tampilan bisnis yang lengkap dan real-time, dapat di akses kapan saja dan di mana saja. Acumatica menyediakan software manajemen bisnis terintegrasi, yang dirancang untuk membantu perusahaan menengah berkembang di pasar yang bergerak cepat saat ini. Dan EMS adalah salah satu partner bisnis Acumatica di Indonesia yang dapat membantu para pelaku bisnis untuk mendapatkan solusi terbaik yang untuk mengembangkan bisnis perusahaan.


52 views0 comments
bottom of page